Selasa, 10 November 2015

Rencana Pelaksanaan Pembelajaran Kelas Rangkap di SD

Asalamualaikum wr.wr..
Trimakasih sudah mengunjungi blog saya..... :)
Saya sekarang Kuliah di UT Garut saya sekarang sudah smester 5... Pada smester ini ada mata kuliah PKR (Pembelajaran Kelas Rangkap) yaitu mengajar dalam satu waktu tapi dengan dua jenjang kelas yang berbeda... hal seperti ini busa saja terjadi di sekolah SD dikarnakan beberapa alasan seperti guru kelas yang lain tidak masuk karena sakit atau sebagainya....
Saya akan memberikan contoh RPP kelas rangkap walaupun masih banyak kekurangan dalam RPP ini tapi setidaknya dapat memberi gambaran bagi anda yang belum pernah tahu format RPP nya.....


Rencana Pelaksanaan Pembelajaran
(RPP)
                               Tema / Muatan Pelajaran  : 1. Hidup Rukun / PKn
                                                                          2. IPA
                               Kelas/Semester                 ; 1. Kelas II/I
                                                                          2. Kelas III/I
                               Tanggal                            : Minggu, 01-11-2015
                               Waktu                              : 1 X 35 Menit

A.       Standar Kompetensi
            PKn (Kelas II)
1. Membiasakan hidup bergotong royong.
IPA (Kelas III)
2. Kehidupan makhluk hidup serta hal-hal yang mempengaruhi
     perubahan makhluk hidup.

B.       Kompetensi Dasar
PKn (Kelas II)
1.1  Mengenal pentingnya hidup rukun, saling berbagi dan tolong menolong.
IPA (Kelas III)
2.1. Menggolongkan makhluk hidup dengan sederhana.

C.      Indikator
PKn (Kelas II)
·         Menceritakan pengalaman menolong teman
·         Menyebutkan contoh saling berbagi di sekolah.
·         Menyebutkan contoh tolong menolong di sekolah.

IPA (Kelas III)
·Menyebutkan pengertian hewan karnivora, omnivora, herbivora
·Menyebutkan hewan dan makanannya
·Mengelompokan hewan berdasarkan makanannya
D.      Tujuan Pembelajaran
PKn (Kelas II)
·       Melaluli tanya jawab, siswa dapat mengungkapkan pengalamannya menolong dan berbagi di sekolah sesuai pengalamannya dengan benar.
·   Melalui diskusi, siswa dapat menyebutkan 3 contoh sikap tolong menolong di sekolah dengan benar.
·         Melalui diskusi, siswa dapat menyebutkan 3 contoh sikap saling berbagi di sekolah dengan benar.

IPA (Kelas III)
·         Melalui tanya jawab, siswa mampu menyebutkan 3 contoh hewan karnivora dengan benar.
·         Melalui tanya jawab, siswa mampu menyebutkan 3 contoh hewan herbivora dengan benar.
·         Melalui tanya jawab, siswa mampu menyebutkan 3 contoh hewan omnivora dengan benar.
·         Melalui diskusi, Siswa mampu mengelompokan hewan berdasarkan makanannya dengan benar.

E.     Pokok Materi
PKn (Kelas II)
Tolong menolong di sekolah

Dalam lingkungan rumah dan sekolah kita harus hidup saling tolong menolong meskipun kita berbeda agama dan suku bangsa karena manusia itu tidak dapat hidup sendiri tanpa bantuan dari orang lain.
Contoh tolong menolong di sekolah dengan harta benda yaitu memberikan buku bacaan yang sudah tidak dibaca, meminjamkan penggaris, meminjamkan buku, belajar bersama dan melaporkan kepada guru jika ada teman yang sakit.
Saling tolong menolong merupakan pencerminan sikap gotong-royong dan sebagai sesama makhluk Tuhan memang sepantasnya saling mengasihi tanpa membeda-bedakan agama dan suku bangsa. Tolong menolong sangat penting untuk mewujudkan hidup rukun.      

Saling Berbagi di sekolah
Saling berbagi adalah memberikan apa yang kita miliki pada orang lain
Contoh hidup saling berbagi di rumah :
1.    Berbagi kue dengan teman
2.    Menyisihkan uang jajan untuk menengok teman yang sakit
3.    Menjelaskan pelajaran kepada teman yang belum mengerti

IPA (Kelas III)
Hewan berdasarkan jenis makanannya
Berdasarkan jenis makanannya hewan dibagi menjadi 3:
1.        Hewan pemakan daging (Karnivora)
Contohnya: Harimau, kucing, burung elang, singa

2.        Hewan pemakan tumbuhan (Herbivora)
Contohnya: Kambing, sapi, kelinci, kuda 

3.        Hewan pemakan tumbuhan dan hewan (Omnivora)
Contohnya: Musang, ayam, bebek 

F.       Metode Pembelajaran
PKn (Kelas II) : Tanya jawab, diskusi.
IPA (KLS V)   : Tanya jawab, diskusi. 

G.    Kegiatan pembelajaran
No
Langkah-langkah pembelajaran
Kelas II
Kelas III
1
Kegiatan awal    ( ± 5 menit)
·  Mengkondisikan siswa pada situasi pembelajaran yang efektif dengan cara : mengatur tempat duduk, berdoa, mengabsen dan menyuruh siswa menyiapkan alat tulis
·  Melakukan apersepsi melalui tanya jawab untuk mengaitkan materi pelajaran yang akan disampaikan
Pertanyaan yang diajukan :
Kelas II  : Apa yang akan kalian lakukan jika ada teman yang   minta tolong?
Pernahkah kalian menolong teman di sekolah?
Kelas III: Apakah kalian punya binatang peliharaan?
                      Makanan apa yang kalian berikan?
·     Menyampaikan tujuan pembelajaran

 2
Kegiatan inti      
( ± 20 menit)
Eksplorasi
·   Siswa membaca bacaan tntang conto perilaku tolog menolong dan saling berbagi di sekolah.
·     Siswa bertanya jawab dengan guru tentang prilaku tolong menolong di sekolah
1. Siapa yang pernah menolong teman di sekolah? Pertolongan apa?
2. Siapa yang pernah memberi terhadap teman? Memberi apa?
·  Perwakilan siswa menunjukan sikap menolong meminjamkan buku kepada teman di depan kelas
Elaborasi.
·   Siswa mendengarkan penjelasan guru tentang pengertian tolong menolong  
·      Siswa dibagi ke dalam beberapa kelompok diskusi
·      Siswa dalam kelompok melakukan diskusi mengenai sikap yang mencerminkan tolong menolong di sekolah
· Perwakilan siswa menyampaikan hasil diskusi di depan kelas
Konfirmasi
·      Guru memberikan penguatan dan bersama siswa membahas hasil diskusi
Eksplorasi
· Siswa mengamati gambar yang ditempel  di papan tulis
·  Siswa bertanya jawab dengan guru tentang heewan pemakan daging, pemakan rumput, dan pemakan hewan dan tumbuhan
1. Sebuthan 3 contoh hewan karnivora?
2. Sebuthan 3 contoh hewan herbivora?
3. Sebuthan 3 contoh hewan omnivora?
·      Perwakilan siswa  hewan pemakan daging / pemakan tumbuhan / pemakan danging dan tumbuhan pada karton di depan kelas
Elaborasi
·      Siswa mendengarkan penjelasan guru tentang mengelompokan hewan berdasarkan makanannya
·      Siswa dibagi ke dalam beberapa kelompok diskusi
·      Siswa dalam kelompok melakukan diskusi tentang pengelompokan hewan
· Perwakilan         siswa menyampaikan hasil diskusi di depan kelas
Konfirmasi
·      Guru bersama siswa membahas hasil diskusi
3
Kegiatan akhir  (± 10 menit).
·      Dengan bimbingan guru siswa menyimpulkan materi pelajaran yang telah disampaikan
·      Mengadakan evaluasi akhir
·      Memberikan kata-kata Motivasi terhadap siswa.

H.      Media dan Sumber Belajar
PKn (Kelas II)
1.  Media    : Teks penjelasan prilaku tolong menolong di sekoah dan saling berbagi di    sekolah.
2.  Sumber : Hidup rukun buku tematik terpadu, halaman 82 , Karangan Irene Maria J. Astuti, Mariana Novianti, Purnomosidi, Faisal, dan Taufina, Departemen Pendidika Nasional.

IPA (Kelas III)
1.         Media     : Lingkungan disekitar sekolah, gambar hewan
2.   Sumber : buku IPA kelas III, halaman 21-22, Ester Upik Susi. Departemen Pendidikan Nasional
I.         Penilaian
        Prosedur tes         : tes proses, tes akhir
        Jenis tes               : tulisan, pengamatan
        Bentuk tes           : essay, unjuk kerja

Butiran soal
PKn (Kelas II)
Jawablah pertanyaan di bawah ini!
1.        Tuliskan minimal 3 sikap tolong menolong di sekolah !
2.        Tuliskan minimal 3 sikap saling memberi di sekolah!

Kunci Jawaban
1.      1.    Meminjamkan pensil
2.      Meminjamkan buku
3.      Menolong teman yang terjatuh
    2.   1.    Berbagi kue dengan teman
    2.    Menyisihkan uang jajan untuk menengok teman yang sakit
    3.    Menjelaskan pelajaran kepada teman yang belum mengerti

Butiran soal
IPA (KLS III)
Jawablah pertanyaan di bawah ini!
1.      Sebutkan minimal 3 contoh hewan karnivora, herbivora, omnivora!
2.      Sebutkan pengertian hewan omnivora!
Kunci Jawaban
1.      Karnivora : Singa, harimau, burung elang
Herbivora : Sapi, kambing, kuda
      Omnivora :Ayam, musang, bebek
2.      Hewan pemakan daging dan pemakan tumbuhan

Skor penilaian  =  jumlah jawaban yang benar  x  50 =  nilai akhir
                                                Jumlah  soal

Kepala Sekolah
SDN Kurjati



Agus Mulyana, S.Pd,MM.Pd
NIP.                                             


Mahasiswa



Rahmat Mirajudin
NIM :                                








Lembar Pengamatan

                                       Muatan Pelajaran  :  PKn
                                       Kelas/semester      :  II / I
                                       Hari / tanggal        : ………………………

NO
Nama Siswa
Aspek yang dinilai
Nilai akhir
A+B+C
3
Kerja sama
Disiplin
Keingintahuan



















































Mahasiswa



Rahmat Mirajudin
NIM :                       
                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                           

                                                                                                    
Lembar Pengamatan

                                       Muatan Pelajaran  :  IPA
                                       Kelas/semester      :  III / I
                                       Hari / tanggal        : ………………………

NO
Nama Siswa
Aspek yang dinilai
Nilai akhir
A+B+C
3
Kerja sama
Disiplin
Keingintahuan
















































                                                                 



Mahasiswa



Rahmat Mirajudin
NIM :                                



Tidak ada komentar:

Posting Komentar